Home » , » Takkan Ada Perang Suku Bunga dalam Kelola Dana Tax Amnesty

Takkan Ada Perang Suku Bunga dalam Kelola Dana Tax Amnesty

WolipopDetik.Xyz, Jakarta: Dana repatriasi tax amnesty diperkirakan akan banyak masuk pada instrumen penyimpanan atau deposito perbankan. Ada kekhawatiran perbankan yang terpilih menjadi bank persepsi tax amnesty akan berlomba - lomba menerapkan suku bunga tinggi.

Namun kekhawatiran tersebut ditepis oleh Menko Perekonomian, Darmin Nasution. Dirinya memastikan tak akan terjadi perang bunga antarperbankan untuk menarik dana - dana tersebut.

Takkan Ada Perang Suku Bunga dalam Kelola Dana Tax Amnesty
Takkan Ada Perang Suku Bunga dalam Kelola Dana Tax Amnesty (Video Source : metrotvnews.com)
"Enggak akan perang bunga lah," kata Darmin di kantornya, Jalan Lapangan Banteng, Jakarta Pusat, Rabu (20/7/2016).

Pemerintah pun, tutur mantan Dirjen Pajak era Pemerintahan KIB I, tengah memikirkan apakah nantinya dana tersebut akan langsung menaikan dana pihak ketiga (DPK) di perbankan.

Baca :
  1. Jasa Video Shooting Kota & Kabupaten tegal (Pasti.In)
  2. PastiIn Developer, Video Shooting, & Bimbingan Belajar Programming (www.pasti.in)

Kendati demikian, Pemerintah tak akan mengatur secara khusus tentang batas bunga tersebut. Lagi pula, menurut Darmin ini Pemerintah memberikan fasilitas bagi pemilik dana yang merepatriasikan asetnya untuk memilih sendiri investasi yang dipercayainya. Jadi, kalau ada suatu bank kebanjiran DPK, itu karena pilihan pemilik dana.

"Dia mau investasi di mana kan pilihan dia sendiri, kita enggak ngatur, tapi kita sediakan pilihan pilihannya. Jangan nanti orang bawa dana, kemudian penempatannya terbatas sekali," ujar Darmin.

Dalam kesempatan terpisah, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan semakin banyak uang yang masuk ke perbankan malah akan menurunkan tingkat bunga. Mengapa demikian? Menurut dia jika ada uang masuk, maka akan menambah supply.

"Kalau supply - nya nambah tapi demand - nya enggak setara dengan supply, turun terus tingkat bunga pasti," jelas Bambang.

Sumber : http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2016/07/21/558234/takkan-ada-perang-suku-bunga-dalam-kelola-dana-tax-amnesty
6:14 PM

0 comments:

Post a Comment