Home » , » Ini Hasil Investigasi FIM Soal Kecelakaan Fatal Luis Salom

Ini Hasil Investigasi FIM Soal Kecelakaan Fatal Luis Salom

Metrotvnews. Com, London: Setelah sekitar dua bulan melakukan investigasi, Federasi balap motor dunia (FIM) akhirnya merilis hasil penyelidikan mereka terkait penyebab kecelakaan fatal yang membuat Luis Salom meninggal dunia.

Salom mengalami kecelakaan fatal di Sirkuit Catalunya saat menjalani latihan bebas dua, Mei lalu. Pembalap asal Spanyol itu terjatuh di tikungan 12 dan kemudian menghembuskan nafas terakhir lantaran tertimpa mesin motornya.

Ini Hasil Investigasi FIM Soal Kecelakaan Fatal Luis Salom
Ini Hasil Investigasi FIM Soal Kecelakaan Fatal Luis Salom (Video Source : metrotvnews.com)
Berbagai dugaan pun kemudian muncul terkait penyebab terjadinya kecelakaan. Ada yang bilang itu dikarenakan kesalahan pembalap, namun ada juga yang beranggapan kecelakaan itu terjadi lantaran adanya masalah pada motor pembalap Moto2 itu. 

FIM pun kemudian melakukan investigasi untuk mengetahui penyebab pasti kecelakaan fatal tersebut. Berbagai bukti mereka kumpulkan. Mulai dari kondisi mesin sebelum dan sesudah kecelakaan, kondisi ban, dan data yang terekam dalam perangkat elektronik motor (ECU).

Baca :
  1. AGC Blogspot Paling Hebat Untuk Adsense (Blogspot)
  2. Portal Informasi Attijani Indonesia Terlengkap (AtTijani)

Berdasarkan data yang didapat dari hasil penyelidikan pada tiga poin di atas, FIM akhirnya merilis pernyataan resmi terkait faktor penyebab kecelakaan fatal yang merenggut nyawa Salom.

Dalam keterangan resmi FIM yang dipimpin oleh Angel Calzada Gomez (Direktur teknik) dan pakar telemetri, Lluis Lleonart Gomez, mereka menyimpulkan, kecelakaan terjadi karena kesalahan pembalap.

Merujuk pada hasil data, Salom diketahui telat melakukan pengereman. Ia baru menekan rem di tujuh atau delapan meter sebelum memasuki tikungan, atau lebih lambat dari yang dilakukannya saat mencatatkan waktu tercepat. Hal inilah yang kemudian membuat ia tidak bisa mengendalikan motor saat melibas tikungan.

Hasil investigasi juga menunjukkan bahwa tidak ada masalah yang terjadi pada bagian akselerasi (gas) atau ban di motornya. FIM juga menepis tudingan kubu SAG Team - tim yang diperkuat Salom bahwa pembalapnya itu terjatuh lantaran permukaan lintasan yang tidak rata di tikungan 12. (GPXtra)

Sumber : http://olahraga.metrotvnews.com/read/2016/07/23/559146/ini-hasil-investigasi-fim-soal-kecelakaan-fatal-luis-salom
6:16 PM

0 comments:

Post a Comment